Bersih desa “ NOBAR WAYANG KULIT “

plt. sekda tubabarat Pahada Hidayat menyerahkan wayang kepada dhalang darto kuswoyo didamping kepala kampung candra kencana sayfullah, sebagai tanda dimulainya wayang kulit
 
warga menggelar acara ruwatan bersih desa, sebagai upaya tolak balak

Di era yang sudah modern ini, hiburan wayang kulit sering disisihkan namun di bulan Sura (penanggalan jawa), di desa-desa diadakan acara pagelaran wayang kulit,sebagai acara ruwatan (bersih desa) sekaligus acara untuk menyambut tahun baru 2012.

TELAH menjadi tradisi, sejak bulan Besar atau Dzulhijah dan biasanya berlanjut sampai akhir bulan Sura (Muharam), sebagian masyarakat pedesaan ramai-ramai mengadakan ritual bersih desa. Seperti yang baru saja digelar oleh masyarakat Tulangbawang Barat, salah satunya di kampung Candrakencana, di Lapangan Merah, Kecamatan Tulangbawang Barat. Sabtu, 26/11/2011.
Prinsip bersih desa adalah memanjatkan doa syukur dan permohonan karahayon (keselamatan), sebagai tolak bala agar dijauhkan dari malapetaka dan marabahaya. Sebagaimana disampaikan oleh kepalaKampung Candra Kencana, Syaifullah “ ritual bersih kampuang yang dirangkai ruwatan yang digelar dalam upaya menangkal marabahaya baik yang datang dari luar maupun dari dalam desa. Serta berharap semoga masyrakat kampung Candra kencana dapat dimudahkan rizqinya dan dilapangkan kesabarannya.

Hadir dalam acara tersebut, Sekda Tulangbawang Barat, Pahada Hidayat mewakili bupati Tulangbawang Barat Bachtiar Basri, yang berhalangan hadir karena sedang ada agenda yang tidak dapat diakilkan.

Dalam sambutan Bupati yang dibacakan oleh Pahada, berharap, hendaknya kegiatan seperti ini, dijadikan sebagai wahana untuk melakukan refleksi atas berbagai program pembangunan yang dilaksanakan di kampung ini, termasuk melakukan evaluasi atas berbagai masalah dan kekurangan yang masih terjadi dalam kegiatan pemerintah, pembangunan, dan kemasyarakatan.

Penyerahan tokoh wayang Pandhu oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Tulangbawang Barat kepada Dhalang Darto Suyono, menandai dimulainya pergelaran wayang kulit semalam suntuk.
 
Share on Google Plus

About Lampung Channel Televisi

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.