Temuan P3MD, BPD Tubaba Kurang Diberdayakan

Suasana rapat koordinasi tenaga ahli Ahli Program Pembangunan dan Pemberdayaan dan Masyarakat Desa (P3MD) Kabupaten Tulangbawang Barat, beberapa waktu lalu. (Foto:Lampost/Ahmad Sobirin)
 

Temuan P3MD, BPD Tubaba Kurang Diberdayakan

PANARAGAN (Lampost.co)--Hasil monitoring yang telah dilakukan Tim Tenaga Ahli Program Pembangunan dan Pemberdayaan dan Masyarakat Desa (P3MD) Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) di beberapa tiyuh, ditemukan kendala dalam hubungan kerja antara Badan Perwakilan Desa (tiyuh) dan penyelenggaraan pemerintahan tiyuh yang hampir merata.
Seperti praktek-praktek hubungan kerja yang kurang harmonis antara BPT dan kepala tiyuh beserta perangkat tiyuh dan menunjukan kecendrungan terjadinya dominasi kepala tiyuh atas BPT.
Hal itu diungkapkan Maria,
Tenaga Ahli Pembangunan Partisipatif, Koordinator TA Tubaba, kepada lampost.co, Jumat (15/9/2017).
"Dominasi itu terjadi karena adanya persepsi yang salah akan ketentuan perundang-undangan.
Di sisi lain juga ketentuan perundang-undangan yang mengatur fungsi dan kewenangan BPD memberikan peluang terjadinya over kapacity dari anggota BPD," ujarnya.
Menurut Maria, BPD dan Kepala Tiyuh di Tubaba terjebak dalam perbedaan pandangan kewenangan, terbatasnya kulaitas SDM BPD dan Kepala Tiyuh, lemahnya koordinasi, keterbatasan oprasional BPT, rendahnya partisipasi masyarakat.
"Sebagai salah satu solusi alternatif, pemerintah daerah Tubabara harus segera melakukan upaya-upaya penguatan kapasitas BPT dan masyarakat desa, dengan melakukan pelatihan serta orintasi tugas BPD maupun kepala tiyuh mengenai fungsi dan kedudukan dalam menjalankan pemerintahan desa," kata dia.
Share on Google Plus

About Lampung Channel Televisi

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.