Tuesday, July 3, 2018

KPU Tubaba Minta Parpol Tidak Mencantumkan Nama Caleg Mantan Narapidana


 Ahmad Sobirin  03 Jul 2018 - 16:47  65
KPU Tubaba Minta Parpol Tidak Mencantumkan Nama Caleg Mantan Narapidana
Suasana rapat internal KPUD Tubaba menjelang penerimaan pendaftaran calon legislatif peserta pilkada tahun 2019. (Lampost.co/Ahmad Sobirin)
PANARAGAN (Lampost.co) -- Gatot Santoso selaku Komisioner Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) menegaskan untuk partai politik agar tidak mencantumkan nama calon mantan narapidana pada saat mendaftarkan calon legislatif (caleg) mereka besok, Rabu (4/7).
"Perlu di ingat ada persyaratan khusus tentang larangan mantan narapidana yang tiga itu, yaitu mantan korupsi terus kejahatan seksual anak, dan mantan narkoba itu memang tidak di perbolehkan mendaftar," ujar Gatot divisi yang membidangi masalah penerimaan pendaftaran caleg tersebut, Selasa (3/7/2018).
Gatot mengatakan hal tersebut diatur dalam keputusan KPU (PKPU) nomor 20 tahun 2018, yang telah di sosialisakan sejak tanggal 1 sampai hari ini.
"Untuk membuktikan mereka terbebas dari itu, dapat melampirkan surat bersih diri yang di keluarkan oleh pihak kepolisian, jika mereka melampirkan bersih diri secara otomatis mereka bukanlah mantan narapidana dengan putusan pengadilan. Atau bisa juga mereka (caleg) menceritakan putusan pengadilan melalui koran (media massa), itu tidak apa apa," ujarnya.
Sementara itu ketua KPUD setempat, Ismanto Ahmad mengatakan, pada hari ini KPUD sedang mempersiapkan penerimaan pencalonan legislatif yang akan di mulai pada tanggal 4 hingga 17 Juli.
"Saat ini kita sedang rapat koordinasi internal dahulu membahas masalah yang di hadapi pada saat penerimaan dan penceklisan syarat syarat pencalonan," kata dia.
Dari pantauan Lampost.co, sejak beberapa hari yang lalu, dari sejumlah perwakilan partai politik banyak yang datang ke kantor KPUD Tubaba di Tiyuh Mulyakencana kecamatan Tulangbawang Tengah dengan tujuan melakukan konsultasi terkait persyaratan pendaftaran caleg mereka.  
Sementara itu di kantor polisi sektor Tulangbawang tengah dan sektor Tumijajar, nampak kesibukan petugas yang melayani beberapa caleg yang hendak mengurus surat berkas diri dari pihak yang berwenang.