Monday, July 2, 2018

Menikmati Keasrian Alam Kampung Kapuk Dayaasri


 Ahmad Sobirin  01 Jul 2018 - 6:00  480
Menikmati Keasrian Alam Kampung Kapuk
Pengunjung berfoto di taman wisata Umbul Kapuk di Tiyuh Dayaasri, Kecamatan Tumijajar, Tulangbawang Barat.(Foto:Lampost/A.Sobirin)
PANARAGAN (Lampost.co)--Selain tempat wisata yang dibangun oleh pemerintah daerah, seperti kompleks Islamic Center dengan Masjid 99 Cahaya, Tugu Rato, Patung Relief Empat Marga, dan Taman Agrowisata di Pulungkencana, kabupaten Tulangbawang Barat masih menyimpan wahana wisata alam seperti Umbul Kapoek atau Kampung Kapuk.
Taman rekreasi yang dikelola pihak swasta tersebut menawarkan keasrian alam perdesaan yang dijamin menyejukkan mata setiap pengunjung. Aneka pepohonan berjajar di pinggiran danau buatan, cocok untuk bersantai ria.

Berlokasi di Tiyuh Dayaasri, Kecamatan Tumijajar, taman ini dilengkapi aneka wahana permainan yang menghibur, terutama untuk anak-anak dan keluarga, mulai dari jogging tracks serta perahu naga dan angsa yang bisa dinaiki berkeliling danau. Pengunjung juga bisa menyaksikan berbagai satwa dan tumbuhan langka, sembari memberi makan ribuan ikan atau menyalurkan hobi memancing.
Bagi yang ingin menguji adrenalin, tersedia fasilitas outbound. Selain itu, pengelola juga menyediakan lokasi-lokasi foto untuk pengunjung berswafoto bersama keluarga.
"Taman ini menyenangkan untuk berakhir pekan dengan suasana yang asri, murah, meriah, dan mendidik," ujar Siswanto, warga Tulangbawang Udik, yang tengah berlibur bersama keluarganya, Kamis (28/6).

Dibanjiri Pengunjung
Pemilik taman wisata Umbul Kapuk, Edison, mengatakan setiap akhir pekan, taman wisata ini selalu dibanjiri pengunjung. Tidak hanya warga Tulangbawang Barat, pengunjung dari daerah lain juga banyak yang bersantai dan menikmati keasrian alam perdesaan.
"Biasanya pengunjung banyak yang datang untuk berakhir pekan, seperti Lebaran kemarin dari berbagai daerah datang, misalnya dari Jakarta menyempatkan mampir setelah bersilaturahmi dengan keluarga," ujar dia.
Taman wisata ini, dari Panaraganjaya berjarak sekitar 15 km, ke arah simpang PU menuju jalan provinsi Dayamurni—Kotabumi. Tepat di gang Rumah Makan Langgeng, terdapat papan petunjuk bisa dijadikan panduan menuju lokasi. Disebut Umbul Kapuk, karena zaman dahulu lokasi taman wisata tersebut banyak ditumbuhi pohon randu atau kapuk.
Tiket masuk tempat wisata ini sebesar Rp5.000. adapun untuk tarif permainan wahana air untuk perahu naga dibanderol Rp30 ribu dan Rp20 ribu untuk perahu bebek.